Daftar Beasiswa Parsial dan Beasiswa Penuh Yang Dapat Kamu Lamar

Göteborg by Suci

Sebagai eks-pemburu beasiswa, saya ingin berbagi informasi kepada teman-teman yang saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan beasiswa. Terdapat dua tipe beasiswa yang bisa kamu incar: 1) Beasiswa Parsial, dan 2) Beasiswa Penuh.

Beasiswa Parsial

Beasiswa ini adalah tipe beasiswa yang diberikan berupa tunjangan keuangan untuk menutupi sebagian pengeluaran. Contohnya, seluruh biaya pendidikan saja, sebagian presentase biaya pendidikan, atau biaya pendidikan termasuk biaya akomodasi.

Pemberi beasiswa parsial terdapat di level pemerintahan, universitas, ataupun perusahaan swasta. Banyak universitas yang memberi tunjangan kepada mahasiswa untuk mendapatkan potongan biaya pendidikan. Beberapa badan pemberi beasiswa parsial dapat kamu lihat di daftar di bawah ini:

  1. Beasiswa Kominfo: Digitalent
  2. Beasiswa Bank BCA: BCA Finance
  3. Turkish Language Scholarship: Turkiye Burslari
  4. Kelas musim panas di Jerman: DAAD
  5. Universitas di Swedia: Study in Sweden
  6. Universitas di Cina: CUCAS
  7. Inggris: UKCISA
  8. Kanada: Universites Canada
  9. Polandia: Nawa
  10. Hungaria: Stipendicum Hungaricum

Beasiswa Penuh

Tipe beasiswa ini merupakan tipe yang paling banyak diincar oleh calon mahasiswa di seluruh dunia. Beasiswa penuh diberikan berupa tunjangan keuangan yang menutupi seluruh pengeluaran sang mahasiswa: biaya pendidikan, biaya hidup, tiket pesawat pergi-kembali, dan pula biaya asuransi. Beasiswa ini sangat membantu mahasiswa untuk fokus belajar secara penuh. Untuk yang berkuliah di luar negeri, khususnya, sangat membantu di tengah adaptasi budaya dan lingkungan baru (dan mungkin cuaca baru).

Beberapa beasiswa penuh dibagikan dalam skala nasional, dan banyak juga beasiswa penuh yang diperebutkan dalam skala internasional. Perburuan untuk mendapatkan beasiswa penuh, dapat dibilang luar biasa kompetitif. Namun saya yakin, tidak ada yang mustahil. Berikut dibawah ini adalah beberapa daftar beasiswa penuh tiap negara yang bisa kamu intip:

  1. Kemenkeu Indonesia: LPDP
  2. Kemenkominfo Indonesia: KOMINFO
  3. Kemendiknas Indonesia: DIKTI
  4. Uni Eropa: Erasmus Mundus
  5. Jerman: DAAD
  6. Cina : CUCAS
  7. Swedia: SISGP
  8. Inggris: Chevening
  9. Amerika Serikat: Fulbright
  10. Selandia Baru: NZAS
  11. Australia: AAS
  12. Jepang: Monbukagakusho
  13. Belgia: VLIR-UOS
  14. Belanda: Orange Tulip Scholarship

Saya mengadakan webinar (web-seminar) dan membagikan informasi secara berkala tentang kuliah ke luar negeri dan beasiswa melalui milis. Kamu juga berkesempatan untuk ikut mentoring intensif dengan saya pribadi.

Jika kamu tertarik untuk join milis dan mentorship, kirim email berisi ‘Nama lengkap + alamat email yang ingin didaftarkan’ ke: etude@ariyantisuci.com ya!

Suci Ariyanti is a postgraduate degree student of Halmstad University, Sweden. She was born at Jakarta, 1992. Awarded a scholarship from Swedish Institute, she flew far away from her hometown, Indonesia, to pursue her study and dream to travel the world.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *