MDP Bank QNB Indonesia

Pertengahan tahun merupakan musim dimana para mahasiswa lulus dan mulai mencari kerja. Saya ingat dulu ketika ada beberapa bulan masa saya menganggur dan bagaimana desperate nya saya karena khawatir akan banyaknya waktu kosong dan tidak mendapat pekerjaan.

Saat ini, kebetulan sedang ada lowongan dengan posisi yang sama dimana saya bekerja. Maka dari itu, saya merasa kali ini perlu share seputar karir yang saya jalani selama 10 bulan terakhir. Semoga dengan tulisan ini bisa memberikan pencerahan mengenai lowongan pekerjaan kepada teman-teman yang baru lulus atau sedang mencari kerja. 🙂

Sedari dulu, saya sangat sangat berfokus untuk kerja di industri media. Tapi jalan berkata lain, saya terjun ke dunia yang tidak pernah saya inginkan sebelumnya, Industri Perbankan.

Pembelajaran saya dimulai di Qatar National Bank (QNB) yang saat ini masih bernama QNB Kesawan dan dalam waktu dekat akan menjadi QNB Indonesia. Institusi keuangan multinasional yang berpusat di Doha Qatar ini, dinobatkan sebagai The World’s Strongest Bank pada 2012. Singkat kisah nya di Indonesia, QNB telah mengakuisisi bank berumur ratusan tahun yang berasal dari medan, yaitu Bank Kesawan. Saya sendiri awalnya mendaftar sebagai MDP trainee.

Apa itu MDP ?

MDP (Management Development Program) adalah program pendidikan yang mencakup seluruh seluk beluk perbankan secara holistik. Contohnya Marketing Credit, Credit Analyst, Treasury, Finance & Accounting, E-Banking, Compliance, dan lainnya. Program ini adalah jalur khusus kepada karyawan baru yang memasuki dunia perbankan dengan proses pembelajaran bank secara keseluruhan dengan waktu relatif lebih cepat. Oh iya, kamu pun akan dipersiapkan menjadi leader masa depan!

Bedanya sama recruitment Karyawan Baru biasa?

Biasanya, karyawan baru yang spesifik melamar pada sebuah divisi, akan membutuhkan waktu relatif lebih lama bahkan ber-tahun-tahun untuk belajar keseluruhan sisi divisi dalam satu institusi perbankan. Di MDP, kamu akan relatif lebih singkat (1 Tahun) dapat mempelajari dan mencicipi divisi yang berbeda-beda.

Disini, program 1 Tahun akan terbagi menjadi 4 sesi. 2 Bulan pertama trainee akan belajar teoritis mengenai seluruh ilmu banking di dalam kelas. Kemudian trainee akan melakukan 3 kali OJT (On The Job Training) masing-masing selama 3 bulan di 3 divisi yang berbeda. Contohnya, saya merasakan berada di Finance Accounting, Credit Analyst, dan E-Financial Services. Setelah proses diatas, jika lolos, saya akan langsung menempati sebuah divisi dan menjadi karyawan tetap.

Menariknya, tidak hanya belajar teori dan melakukan OJT, saya juga melakukan presentasi di akhir sesi kelas dan akhir OJT. Special privilegessebagai MDP QNB adalah, kamu akan mendapatkan special attention dari CEO! Presentasi sirkuler (dalam bahasa inggris) per tiga bulan sekali akan kamu lakukan di hadapan CEO dan para direktur lainnya. Serem? No. Menegangkan? YES, tapi ini luar biasa! Kesempatan yang belum tentu bisa kamu dapatkan di tempat lain dengan posisi yang sama. Mereka meluangkan waktu nya untuk kamu, They look at your skills, they care on your self-progress development, and they know that you are exists. 

Intinya sih, berdasarkan pengalaman saya yang dulunya hanya fresh graduatebiasa, disini saya belajar sangat banyak. Sebagai masyarakat biasa yang juga memanfaatkan pelayanan perbankan, saya jadi tahu lebih jauh mengenai seluk beluk perbankan secara mendalam. Saya tahu apa saja produk perbankan, berbagai instrumen & investasi keuangan, sistem pendanaan/pemberian kredit, sistem jual beli valuta asing, operasional bank dan banyak lagi yang sebelumnya tidak saya pelajari sewaktu kuliah.Dari segi benefit, trainee juga berhak atas Asuransi kesehatan (Rawat Jalan, Rawat Gigi, Rawat Inap), Tunjangan Pendidikan, Tunjangan Hari Raya, Tunjangan Hari Natal, dll. Kamu juga tidak perlu menunggu masa kerja yang lama untuk mendapatkan jatah cuti, karena kamu langsung akan mendapatkan jatah cuti per hari dimana kamu bergabung bersama QNB. Seneng banget kan?

Saya juga banyak bertemu banyak bankers, analysts, dan leaders yang luar biasa hebat yang juga sangat murah hati dalam berbagi ilmu. Sejauh ini, saya pun bisa enhance english skillgratissss karena belajar english daily conversation dengan banyak berinteraksi sama expatriate disini 🙂

Turning point saya, lucunya, industri yang tidak pernah diinginkan ini menjerumuskan saya ke tempat yang benar. Saya mulai jatuh hati pada institusi keuangan dan mulai menata arah hidup ke depan pada industri ini.

Anyway… Jika tertarik, bisa langsung klik and apply di JobStreet atau QNB Website ya. Pendaftaran dibuka hingga 6 September 2014.

Satu suggestion dari saya, ga perlu minder banget soal kemampuan bahasa inggris ataupun IPK (Psst, IPK saya kecil kok :p), asal kamu orang yang semangat untuk terus belajar, yakin deh, pasti bisa tunjukkin itu! Hidup itu kan selalu tentang proses pembelajaran, jadi kamu harus percaya, kesempatan berkembang akan selalu ada jika kamu mau mencoba. No Pain, No gain. Ya kan?

Go grab the chance and the priviliges to be a part of this growing big financial institution. Feel free to contact me for non-formal further queries. 😉

Suci Ariyanti is a postgraduate degree student of Halmstad University, Sweden. She was born at Jakarta, 1992. Awarded a scholarship from Swedish Institute, she flew far away from her hometown, Indonesia, to pursue her study and dream to travel the world.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *